Asa Tumbuh Bersama Om Jay


Kelas Belajar Menulis Nusantara Gelombang 28
Resume ke 1 
Tanggal 9 Januari 2023
Narasumber: Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd
Moderator: Dail Ma'ruf, M.Pd

Assalamualaikum Wr. WB.
Salam kenal para pembaca hebat!

Saya mulai menulis di blog setahun yang lalu, namun masih jarang mengupload tulisan-tulisan. Benar sekali kata Dr. Wijaya Kusumah, buat blog gampang, mengisinya dengan tulisan-tulisan yang enak dibaca orang lain yang sulit. Karena kadang kita memiliki begitu banyak alasan untuk tidak mulai menulis. Petuah dari Om Jay,  menulis dari mana pun dan kapan pun, menulis tak kenal waktu, karena menulis tidak butuh waktu khusus untuk memulainya.

Ilmu yang luar biasa saya  peroleh dari kisah perjalanan kepenulisan Dr. Wijaya Kusumah, M. Pd.  melalui blog pribadi beliau
https://wijayalabs.blogspot.com/
https://wijayalabs.com/about 
yang dibagikan di Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI Pertemuan ke-1 Gelombang 28. Menulis di blog gratis merupakan cara beliau menuangkan kegemarannya menulis. Pria paruh baya yang akrab disapa Om Jay ini secara konsisten menulis di blog pribadi beliau hingga mengantarkan beliu ke posisi saat ini. Latar belakang pendidikan beliau bukanlah dari Pendidikan Bahasa Indonesia yang biasa dianggap sebagai disiplin ilmu yang menguasai dunia tulis menulis. Latar belakang pendidikan beliau adalah Pendidikan Teknik Elektro. Namun, apa yang beliau lakukan telah membuka hati dan pikiran kita mengenai "Semua orang bisa menulis, yang penting ada keinginan untuk melakukannya" dan membuktikan bahwa menulis bukanlah tentang latar belakang pendidikan seseorang dan disiplin ilmu tertentu,  tapi tentang sebuah kegemaran. Kegemaran yang harus tetap diasah dengan komitmen dan konsistensi sehingga menjadi sebuah kebiasaan, kebiasaan yang terus menerus dilakukan akan menjadi sebuah candu,  kecanduan akan melahirkan kebutuhan. Kebutuhan yang akan selalu menuntut untuk dipenuhi. Nah, seperti itulah menulis, jika  diasah setiap hari, maka akan menjadi candu bagi si penulis, KBMN dan Om Jay memantik semangat saya untuk terus menulis.

Melalui KBMN Gelombang 28 ini kita diberikan ruang dan kesempatan untuk belajar menulis. Materi pertama yang  disajikan adalah " Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi". Sebuah tema yang sangat persuasif, yang membuat jiwa kepo saya meronta-ronta untuk segera membacanya, dan sungguh ilmu yang luar biasa disuguhkan oleh Om Jay, penuh motivasi untuk seorang penulis pemula seperti saya, yang masih sangat membutuhkan motivasi untuk tetap menggerakkan jari-jari di keyboard laptop yang sudah usang ini, untuk terus belajar merangkai kata sehingga menjadi sebuah tulisan yang bisa dinikmati dan berharap bisa menginspirasi.

Tidak ada penulis yang tidak rajin membaca, ungkap Om Jay dalam tulisannya. Saya setuju sekali, karena selain menambah wawasan, membaca juga bisa mendatangkan inspirasi. Menulislah dengan baik tanpa ragu dan takut salah, motivasi yang sangat keren untuk penulis pemula seperti saya. Karena kehadiran kedua rasa itu akan membuat jari-jari yang sedang menari di atas keyboard akan berhenti, otak yang sedang asyik merangkai kata ingin segera beristirahat, hati yang menggebu-gebu untuk menulis menjadi ciut, tapi dengan motivasi yang Om Jay berikan akan membuat jiwa menulis seseorang menjadi hidup kembali, layaknya kembang yang layu tersiram air. Kesimpulan saya dari ungkapan Om Jay "Menulislah dengan baik, tanpa ragu dan takut salah" adalah salah tidak mengapa, yang penting mau terus berbenah diri, karena salah adalah salah satu proses pembelajaran. Dengan menulis setiap hari akan membantu kita untuk terus belajar.

Melalui pembelajaran hari ini, asa saya bangkit, asa saya tumbuh bersama Om Jay dan KBMN Gelombang 28, terima kasih Om Jay dan KBMN Gelombang 28, salam hangat dari Pulau Seribu Masjid.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertemuan Pertama kelas XII TP 2023/2024

Pengumuman Kelulusan Peserta Didik SMA/SMK Provinsi Nusa Tenggara Barat

Berbagi Informasi Tentang Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin Pembelajaran