Kirim Tulisan ke Majalah Suara Guru, yuk!


Kelas Belajar Menulis Nusantara Gelombang 28
Pertemuan ke-22
Tema: Mengirim Tulisan ke Majalah Suara Guru
Narasumber: Catur Nurrochhman Oktavian, M. Pd.
Moderator: Sim Chung Wei, S. P.

Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam sehat dan bahagia!

Sobat hebat!
Sudah tahu belum kalau PGRI punya majalah? Namanya Majalah Suara Guru. Majalah milik para guru ini sudah ada sejak tahun 50-an, lho! Sudah lama banget 'kan! Tapi, saya dan sobat hebat sepertinya baru tahu sekarang, ya? Tak mengapa, sobat, jangan khawatir! karena melalui kelas belajar malam ini, Bapak Catur Nurrochhman Oktavian, sang bendahara PGRI Pusat akan memperkenalkan majalah milik kita ini lebih jauh! Let's check it out!

Majalah Suara Guru dari Masa ke Masa.

Majalah Suara Guru adalah majalah yang diterbitkan oleh Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI). Majalah ini rutin terbit setiap bulan sejak tahun 1950-an sampai saat ini. Demikian pula dengan kantor redaksinya, sejak tahun 1950-an hingga hari ini, masih tetap berada di Jalan Tanah Abang III Nomor 24, Jakarta Pusat. Luar biasa!

Adapun tujuan dibentuknya majalah ini adalah sebagai wadah untuk para guru mengekspresikan diri atau sebagai media untuk menyampaikan aspirasi, serta sebagai media diskusi untuk membahas isu-isu seputar dunia pendidikan. Betul-betul majalah untuk guru, ya, sobat hebat!

Majalah Suara Guru terbuka untuk seluruh guru di Indonesia, baik ASN maupun honorer, sekolah negeri maupun swasta. Meskipun diperuntukkan untuk seluruh guru di Indonesia, Majalah Suara Guru tetap memperhatikan kualitas tulisan yang bisa dimuat, lho, sobat hebat! Mau tahu kriteria tulisan yang bisa dimuat di Majalah Suara Guru? kepoin, yuk!
Berikut kriteria-kriteria tulisan atau hasil karya yang bisa dikirim ke Majalah Suara Guru agar layak dimuat, diantarnya:
1. Merupakan hasil karya orisinil, bukan plagiasi. Sebagai seorang guru harus mengedepankan asas kejujuran, karena dalam dunia tulis-menulis plagiasi itu sama dengan mencuri.
2. Tidak boleh menyerang pribadi seseorang atau tidak boleh mengandung SARA.
3. Harus bersifat aktual.
4. Dituliskan dengan bahasa populer, mudah dipahami, komunikatif, lugas, ringan dan enak dibaca.
5.Tulisan maksimal terdiri dari 700 kata dengan jenis font Times New Roman dan ukuran huruf 12.

Bagi sobat hebat yang berniat mengirim tulisan ke Majalah Suara Guru, sobat hebat bisa kirim ke email di bawah ini, ya!

Sebelum sobat hebat mengirim tulisan ke Majalah Suara Guru, alangkah baiknya sobat hebat tahu dulu rubrik-rubrik yang ada di majalah tersebut agar sobat hebat bisa menyiapkan tulisan sesuai dengan rubrik yang ada. Nah, berikut ini rubrik-rubrik yang ada di Majalah Suara Guru:
1. Rubrik praktik baik, tempat menampung hasil karya dan pengalaman guru-guru. Ruang rubrik praktik baik cukup 400 - 500 kata dalam bentuk naratif deskriptif.
2. Rubrik liputan sekolah/ Perguruan Tinggi. Jika ingin membuat sekolah kita tampil, maka bisa mengisi di rubrik ini. isalnya, liputan penerapan P5 (Perojek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ) di sekolah.
3. Rubrik Percik, berisi tentang hal-hal motivasi kehidupan (mutiara kehidupan)

Bagaimana sobat hebat, sudah siap mengirim tulisan ke Majalah Suara Guru?
Mari bersama-sama kita siapkan tulisan untuk Majalah Suara Guru!
Selamat berkarya, dan salam literasi!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertemuan Pertama kelas XII TP 2023/2024

Pengumuman Kelulusan Peserta Didik SMA/SMK Provinsi Nusa Tenggara Barat

Berbagi Informasi Tentang Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin Pembelajaran