Kriteria Buku Lolos Penerbit Mayor


Kelas Belajar Menulis Nusantara Gelombang 28
Pertemuan ke-26
Tema: Menjadi Penulis Buku Mayor
Narasumber: Joko Irawan Mumpuni
Moderator: Raliyanti

Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam sehat dan bahagia!

Menerbitkan sebuah buku merupakan impian semua penulis, buku adalah mahkota seorang penulis. Apalagi bisa menerbitkan buku di penerbit mayor! Namun menerbitkan buku di penerbit mayor tak semudah kita berkhayal, sobat! Penuh liku-liku, kata Ibu Raliyanti, moderator malam ini. Tapi, bukan berarti tidak bisa, asal kita tahu kriteria buku yang bisa diterbitkan oleh penerbit mayor. Nah, malam ini Bapak Joko Irawan Mumpuni, direktur penerbit mayor Andi Yogyakarta ingin berbagi mengenai hal itu, bagaimana cara agar karya kita tembus penerbit mayor sehingga kita menjadi penulis di penerbit mayor! Agar tidak kelamaan penasaran, let's check it out!

Sebelum kita mengirim karya kita ke penerbit, alangkah baiknya kita mengenal dulu kategori penerbit, yaitu penerbit yang baik dan penerbit yang perlu diwaspadai. Berikut gambarannya!

Setelah sobat hebat tahu kategori penerbit. Selanjutnya, sobat hebat harus tahu bagaimana proses penerbitan mulai dari memasukan atau mengirimkan naskah buku ke penerbit hingga buku itu terbit dan beredar? inilah prosesnya!

Nah, setelah kita mengirim karya ke penerbit dan sudah berhasil menerbitkan buku secara profesional dan diterbitkan oleh penerbit yang bereputasi, apa yang akan didapatkan penulis? 

Motivasi yang luar biasa. Namun, pertanyaan besar muncul, apa kriteria agar naskah buku dapat diterima oleh penerbit untuk dapat diterbitkan. Karena tidak semua naskah dapat diterima. Sebagai contoh, penerbit ANDI tiap bulan menerima naskah masuk bisa sampai 500 nasakah. Namun yang diterima untuk diterbitkan hanya 50 Judul saja. Wow, seleksi yang ketat, sobat hebat! Nah, Agar naskah kita bisa lolos ke penerbit mayor, perhatikan kriteria penilaian berikut ini, ya!

Berikut ini pemaparan mengenai kriteria penilaian naskah pada penerbit mayor!
 
Tema Populer 
Apa yang dimaksud dengan tema populer dan bagaimana cara menilainya? Untuk mengetahui tema populer adalah  dengan menggunakan salah satu data, yaitu trend dari google trend. 

Reputasi Penulis 
Penilaian selanjutnya adalah reputasi penulis. Bagaimana cara penerbit mengukur reputasi penulis? Semua pasti pakai data. Dalam hal ini penerbit memakai data, salah satunya dari Google Scholer/Cendekia. Reputasi penulis ternyata sangat berpengaruh, ya! 

Peluang Potensi Pasar 
Peluang pasar sangat menentukan jumlah oplah atau jumlah cetak. Penerbit akan sangat berhati-hati jika ada buku-buku yang bertema memiliki Pasar sempit dan Lifecicly pendek, namun penerbit akan senang dengan tema2 buku yang memiliki LifeCycle panjang dan market lebar. Berikut gambarannya!

Pointnya, penerbit akan menerima naskah buku yang memiliki pangsa pasar yang luas.

Agar karya kita bisa lolos masuk penerbit mayor. Yuk, kita terapkan kriteria penilaian naskah pada penerbit mayor yang sudah dipaparkan di atas! Semangat menulis, dan salam literasi!



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertemuan Pertama kelas XII TP 2023/2024

Pengumuman Kelulusan Peserta Didik SMA/SMK Provinsi Nusa Tenggara Barat

Berbagi Informasi Tentang Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin Pembelajaran