Asa Menjadi Seorang Penulis

Kelas Belajar Menulis Nusantara Gelombang 28
Resume ke-2
Tanggal 11 Januari 2023
Narasumber: Drs. Sri Sugiastuti, M. Pd
Moderator: Widya Setianingsih, S. Ag


        ASA MENJADI SEORANG PENULIS       
Assalamualaikum Wr. Wb., salam hangat untuk para pembaca hebat! Semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.

Malam ini, Rabu, 11 Januari 2023 adalah pertemuan kedua di Kelas Belajar Menulis Nusantara Gelombang 28. Meskipun tidak bertatap muka secara langsung, namun tetap memberikan semangat bagi saya untuk terus mengikuti kegiatan malam ini hingga selesai, karena berharap memperoleh ilmu yang luar biasa dari narasumber hebat dan penuh inspirasi.

Materi malam ini diberikan oleh Ibu Sri Sugiastuti, M. Pd., dengan tema "Menjadikan Menulis Sebagai Passion". Untuk lebih mengenal narasumber, intip blognya, yuk! Dalam tulisannya, beliau mengungkapkan bahwa passion adalah suatu gairah yang dimiliki semua orang. Rasa yang membuat seseorang ingin terus dan  ingin lagi melakukannya, sehingga hal yang dilakukan itu menjadi suatu kebutuhan yang tak bisa ditinggalkan, membuatnya menjadi sebuah candu, yang jika tak dilakukan akan merasa ada yang kurang atau merasa ada sesuatu yang hilang. 
Itulah sebabnya mengapa kegiatan menulis harus dijadikan passion, agar kita candu dalam menulis, kalau sudah candu, kita akan merasa sulit untuk meninggalkannya. Selain candu, jadikanlah menulis itu sebagai suplemen food yang selalu kita butuhkanUntuk menjadikan menulis itu sebuah candu atau suplemen food, kita harus menulis setiap hari, setiap hari harus menulis, sehingga menjadi tiada hari tanpa menulis. Menulis tidak harus dimulai dari hal-hal hebat atau luar biasa, menulis bisa dimulai dari hal-hal sederhana yang kita alami, menulis bisa dimulai dari hal-hal yang terkadang kita anggap tidak penting. Namun, tetaplah yakin, bahwa tulisan yang kadang kita anggap remeh atau tidak penting bisa menjadi penting dan luar biasa di tangan pembaca yang tepat, karena tulisan itu akan menemukan takdirnya sendiri. Oleh karena itu, tetaplah menulis, teruslah merangkai kata menjadi untaian kalimat penuh makna, sehingga menjadi tulisan yang selalu dinantikan untuk dibaca dan menjadi inspirasi bagi orang lain. 

Mungkin banyak diantara kita yang bingung harus mulai menulis dari mana, agar tidak bingung lagi , kepoin, yuk, persiapan-persiapan yang harus kita lakukan dalam menulis versi Bunda Kanjeng,
1. Menggali dan menemukan ide;
2. Menemukan tujuan, genre, dan segmen pembaca;
3. Menemukan topik;
4. Membuat outline;
5. Mengumpulkan materi/ literatur sebagai referensi. Nah, itulah beberapa persiapan yang harus kita lakukan dalam menulis. Setelah mengetahui persiapan-persiapan dalam menulis, masih ingin tahu nggak mengapa harus menulis?
Nah, ini jawabannya, menurut bunda yang memiliki hobi silaturahmi, traveling, dan membaca ini, menulis menjadi passion yang menjanjikan, karena menulis dipandang sebagai indikator intelektualitas dan kematangan berpikir seseorang. Selain itu, profesi penulis merupakan salah satu profesi yang dihormati dan dihargai secara sosial.
manfaat lain dari menulis menurut narasumber adalah sebagai sarana untuk mengungkapkan hal yang dirasakan, sesuatu yang  dipikirkan, tapi tak mampu dilisankan. Dengan menulisnya, akan membuat hati dan pikiran menjadi plong.

Menurut penulis yang telah berhasil menulis 21 buku tersebut, setiap orang melalui proses yang berbeda-beda untuk menjadi seorang penulis. Ada yang menulis karena ditugaskan atasan, ada yang hobi membaca dan akhirnya suka menulis, dan ada pula yang memang memiliki cita-cita menjadi seorang penulis. Saya berada di posisi orang yang suka membaca dan berharap suatu hari tulisan saya yang akan dibaca orang lain, alias menjadi seorang penulis.

Kegiatan menulis resume ini merupakan langkah awal saya untuk menggapai asa menjadi seorang penulis. kegiatan KBMN Gelombang 28, pertemuan ke-2 ini sungguh menginspirasi saya untuk terus menulis, sehingga menulis menjadi sebuah passion dalam hidup saya dan menumbuhkan asa saya menjadi seorang penulis. Teruslah menulis, karena dengan menulis kita menjadi abadi. Salam literasi, salam bahagia untuk semua pembaca hebat!

Komentar

  1. Salam keabadian bu..asa yg harus disiram dan dikasih pupuk urea. Bagus sekali bu👍

    BalasHapus
  2. membantu saya dalam memhamai mamafaat menulis terimaksih ibu

    BalasHapus
  3. Berawal dari asa, semoga bisa menerbitkan buku solo semangat !

    BalasHapus
  4. Luar biasa bu guruu

    BalasHapus
  5. Semoga dengan menulis akan mewujudkan asa untuk menjelajah dunia melalui tulisan....

    BalasHapus
  6. Asa, harapan, minat membangun kekuatan dalam mencipta.. semangat..😘

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertemuan Pertama kelas XII TP 2023/2024

Pengumuman Kelulusan Peserta Didik SMA/SMK Provinsi Nusa Tenggara Barat

Berbagi Informasi Tentang Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin Pembelajaran