Guru Hebat Part 2: Guru Produktif!


Kelas Belajar Menulis Nusantara Gelombang 28
Resume ke-8
Tema            : Komitmen Menulis di Blog
Narasumber: Drs. Dedi Dwitagama, M.Si.
Moderator   : Sigid, SH.

Assalamualaikum Wr. Wb., salam sehat dan bahagia pembaca hebat!

Kelas belajar malam ini, 25 Januari 2023 berbeda dengan kelas belajar pada pertemuan-pertemuan sebelumnya, malam ini KBMN belajar via zoom. Narasumber hebat malam ini adalah Drs. Dedi Dwitagama, M. Si., dan dipandu oleh moderator yang juga hebat, Sigid P.N., SH., dengan tema "Komitmen Menulis di Blog"

Di awal materinya, narasumber mengajak peserta KBMN yang mengikuti zoom untuk keluar dari zona nyaman, zona yang  membuat nyaman tanpa usaha yang maksimal. Zona yang biasa melakukan rutinitas yang monoton, dari pagi sampai sore hanya menjalankan tugas utama. Contoh, seorang guru yang menjalani rutinitas yang sama setiap harinya, mulai dari mengerjakan RPP, ngajar dan pulang. Apakah kita juga akan seperti itu, susun perangkat pembelajaran, ngajar, lalu pulang? Apakah kita akan dikenang karena seragam yang kita gunakan, atau dikenal dari karyanya, manfaatnya? Jika tidak mau seperti itu dan dikenang seperti itu, maka Kita tidak boleh berdiam diri, merasa cukup dengan apa yang telah kita lakukan. Mari, keluar dari zona nyaman, ikuti himbauan sang narasumber yang telah mengajak kita meninggalkan jejak dalam hidup agar dikenang oleh lingkungan kita, seperti kata pepatah "Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang". Dan kita, mati meninggalkan nama.

Saat ini jumlah guru di Indonesia 3, 31 juta, namun hanya sedikit yang berpredikat guru hebat. Jika kita ingin menjadi bagian dari guru hebat yang jumlahnya sedikit itu, jadilah orang memiliki produktivitas, memiliki ide-ide, memiliki visi yang jauh ke depan, serta memiliki perencanaan yang baik untuk menuangkan ide-ide agar menjadi produktif. "Guru hebat adalah guru yang produktif". Lalu, bagaimana cara menjadi guru yang produktif ? Sebelum kita lanjutkan ke bagaimana cara menjadi guru yang produktif, kita tahu dulu arti produktif, ya? Produktif artinya menghasilkan (mendatangkan hasil, manfaat, dsb); menguntungkan. Jelas, ya! Selanjutnya, cara menjadi guru yang produktif menurut narasumber, 
1. Melakukan sesuatu yang tidak semua orang melakukannya. Misalnya mengikuti pelatihan KBMN ini, tidak semua orang mau melakukannya. Karena sebagian dari kita senang melakukan sesuatu dengan minimalis, merasa cukup, yang penting kewajiban telah dilaksanakan 
2. Luangkanlah waktu untuk melakukan hal-hal lain di luar tugas utama yang dapat menumbuhkan produktivitas kita. 
Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan produktivitas adalah kegiatan menulis. Mengapa menulis? Karena kegiatan menulis bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun, tak terikat ruang dan waktu, asalkan kita mau meluangkan diri untuk melakukannya. Salah satu wadah untuk menulis adalah blog, mengapa blog? Karena blog akan menyimpan semua tulisan kita, akan tersimpan sepanjang masa. Sesuatu yang tersimpan dalam bentuk fisik mungkin akan rusak termakan usia, namun dengan menulis dalam blog takkan lekang dimakan waktu. Mulai menulis di blog, yuk!

Menulis di media apapun sebetulnya tidak sesulit yang dibayangkan, termasuk menulis dalam blog. Yang dibutuhkan adalah punya tekad yang kuat untuk memulai dan terus menulis. Menulis apa saja. Intinya adalah komitmen. Agar kita komitmen dalam menulis, khususnya menulis dalam blog, ikuti tips dari narasumber berikut ini, yuk!
1. Tentukan tujuan tulisan blog kita;
2. Membuat outline;
3. Selesaikan tulisan;
4. Publish;
5. Ikut komunitas;
6. Membaca tulisan orang lain;
7. Ceritakan semua yang dirasakan dan   
    dialami;
8. Mempunyai karya;
9. Bahagiakan diri sendiri dan orang lain;

Untuk lebih jelasnya mengenai materi ini, kunjungi link YouTube berikut ini, ya!


Demikian resume hari ini, semoga bermanfaat. " Ingat! Tak ada keringat yang terbuang sia-sia". Sampah botol plastik yang kita buang, mungkin kita anggap tak bernilai. Tapi ternyata menjadi sangat bernilai bagi orang yang membutuhkannya. Begitu pula dengan tulisan, tulisan yang kita anggap tidak penting, receh, bisa menjadi penting dan bermanfaat bagi  orang lain. So, janganlah patah semangat ketika blog kita tidak banyak yang mengunjungi atau tidak ada yang memberikan komentar terkait tulisan kita. Tetaplah semangat menulis, biarkan tulisan itu menemukan takdirnyanya sendiri, salam literasi!

Komentar

  1. Siiiip...guru hebat yg menghebat nih bu. Mantaaaap..

    BalasHapus
  2. Luar biasaπŸ‘
    Semoga kita menjadi guru yang produktif...πŸ‘

    BalasHapus
  3. Siip guru hebat yang terus memberikan manfaat untuk sesama

    BalasHapus
  4. Mantap betull.. πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  5. Transformasi guru hebat..😘

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertemuan Pertama kelas XII TP 2023/2024

Pengumuman Kelulusan Peserta Didik SMA/SMK Provinsi Nusa Tenggara Barat

Berbagi Informasi Tentang Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin Pembelajaran