Ikuti Jejak Prof. Ekoji Menerbitkan Buku Mayor, yuk!


KBMN Gelombang 28
Resume ke-6
Tema.           : Menulis Buku Mayor dalam                           Dua Minggu 
Narasumber: Prof. Richardus Eko Indrajit
Moderator   : Aam Nurhasanah, S. Pd

Ikuti Jejak Prof. Ekoji Menerbitkan 
Buku Mayor, yuk!

Assalamualaikum Wr. Wb., salam sehat dan bahagia pembaca hebat! 

Narasumber KBMN Gelombang 28, materi ke-6 adalah Bapak Prof. Richardus Eko Indrajit atau lebih akrab disapa Prof. Ekoji. Beliau adalah seorang penulis besar yang bisa mengantarkan kita meraih mimpi menuju penerbit mayor, narasumber dengan pengalaman yang sangat luar biasa dan hasil karya yang tak diragukan lagi, sungguh menginspirasi dan memotivasi kita agar sukses menerbitkan buku mayor. Mau tahu lebih banyak tentang Prof. Ekoji? Main ke blogny, yuk! 
Tak kalah dari narasumber, moderator malam ini pun sangat istimewa, asuhan Prof. Ekoji yang telah berhasil menerbitkan buku mayor, karyanya telah mejeng di Toko Buku Gramedia, siapa lagi kalau bukan Ibu Aam Nurhasanah, guru luar biasa yang telah berhasil meraih mimpinya bersama Prof. Ekoji.

"Motivasi selalu dimulai dari mimpi, tanpa mimpi, tak akan ada motivasi" Ungkap narasumber yang sebentar lagi memasuki usia 54 tahun ini. Ayo, bermimpi menerbitkan buku mayor, karena mahkota seorang penulis adalah berhasil menerbitkan buku, meskipun kita baru mulai belajar menulis. Tak ada yang tak mungkin, jika kita bersungguh-sungguh. Menerbitkan buku mayor adalah  karya tulis yang diterbitkan oleh penerbit nasional. Prof. Ekoji telah menulis kurang lebih 121 buku mayor semenjak selesai kuliah. Artikel kurang lebih sebanyak 623 karya dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Alasan beliau menulis adalah karena ingin membagi ide, pemikiran, gagasan, dan cerita kepada orang lain. Buku Mayor pertama terbit di tahun 2000, yaitu dua tahun setelah krisis dan reformasi. Alasan lain yang beliau ungkapkan terkait motivasi menulis, yaitu " karena banyaknya SMS (dulu belum ada WA) yang masuk ke nomor hp saya, mengucapkan terima kasih atas buku yang saya buat. Tentu saja hal tersebut membesarkan hati dan saya merasa hidup saya berguna untuk orang lain. Begitulah pentingnya menulis nomor handphone di setiap buku yang saya tulis". 

Prestasi lain dari Prof. Ekoji yang tak kalah hebat adalah pada tahun 2020, Prof. Ekoji menginisiasi gerakan meresume isi konten channel youtube "Ekoji Channel" kemudian setiap guru diminta untuk menulis apapun yang beliau bicarakan di youtube tersebut. Setelah itu, beliau memberikan tambahan referensi untuk memperkaya konten. Hasilnya sungguh menakjubkan, dari 30 guru yang bergabung, 19 buku diterbitkan. Dari 19 buku tersebut, satu buku terpilih jadi Buku Terbaik Nasional versi Perpusnas untuk kategori PJJ. Mau seperti mereka? Jelas mau, dong! Selain mengikuti tantangan Prof. Ekoji di gelombang ini, ikuti juga tips dari Prof. Ekoji agar sukses menerbitkan buku mayor, berikut ini tips-tipsnya:
1. Kalau ingin menuliskan buku yang diterbitkaan mayor, kita harus mengikuti kebutuhan pasar, seperti judul yang laku dipasaran adalah ;
a) Classroom Design and Management
b) Community Based Learning
c) Computer-Based Assessment
d) Competency-Based Learning
e) Computer-Adaptive Assessment
f) The 21st Century Learning Skills
2. kita menulis bukan untuk diri sendiri, tapi untuk orang lain.
3. Tidak perlu berfikir panjang-panjang dulu. Mulai dari satu hal yang sederhana. Jangan menuliskan sesuatu yang kita tidak mengerti dan tidak ada sumber referensinya.
4. Carilah judul yang anti mainstream. Kalau yang biasa-biasa, biasanya penerbit mayor tidak tertarik menerbitkannya. lebih lengkapnya bisa kita simak video berikut, ini https://www.youtube.com/watch?v=17v72RUhZIY.
5. Sejauh tulisan kita menarik hati orang lain, pasti banyak yang tertarik. Karena banyak yang tertarik, penerbit akan rebutan menerbitkannya.
6. "Practice makes perfect", latihan adalah kuncinya.

Materi kali ini terasa ringan, namun sarat makna. Demikian resume "Menulis Buku Mayor dalam Dua Minggu", semoga bermanfaat. Salam hangat dan bahagia para pembaca hebat!
            

Komentar

  1. Semangat terus yaaa bundaa. Terima kasih sudah semangat membuat resumenya

    BalasHapus
  2. Menapaki jejak semangatx bu...majuuu🦾

    BalasHapus
  3. Luar biasa dan sangat menginspirasi...👍

    BalasHapus
  4. Ayo bersama menuju penerbit mayor, semoga mahkota yg diharapkan dapat diraih..😘

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertemuan Pertama kelas XII TP 2023/2024

Pengumuman Kelulusan Peserta Didik SMA/SMK Provinsi Nusa Tenggara Barat

Berbagi Informasi Tentang Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin Pembelajaran