Menulis Buku Digital, Siapa Takut!


Kelas Belajar Menulis Nusantara Gelombang 28
Resume ke-16
Tema             : Menulis Buku Cerita Digital
Narasumber: Nur Dwi Yanti, S. Pd.
Moderator   : Dail Ma'ruf, M. Pd

Assalamualaikum Wr. Wb. Salam sehat dan bahagia sobat hebat!

Buku sudah dikenal sejak dulu dan selama ini kita sudah terbiasa membaca, menulis dan mencetak buku teks. Namun, beberapa tahun ini, masyarakat kita, terutama kawula muda sudah mulai mengenal buku dalam bentuk digital, atau familiar dengan sebutan e-book. Meskipun wujudnya berbeda, tapi manfaatnya sama, ya! Sobat hebat, ingin tahu lebih banyak tentang buku digital atau cara menulis buku cerita digital? Kita simak penjelasan narasumber hebat berikut ini, yuk!

Mengenal Buku Digital
Menurut Oxford Kamus Bahasa Inggris, buku digital sebenarnya berawal dari buku cetak, kemudian buku cetak tersebut diubah dalam perangkat ebook yang dapat dibaca melalui komputer maupun pada ponsel genggam.
Jadi, buku digital adalah jenis buku atau bacaan yang hadir dalam bentuk soft copy atau elektronik, buka nirkertas/buku maya  bentuk digital dari buku cetak, ya, sobat hebat! 
Sebelum kita lanjut ke materi berikutnya , tak elok rasanya kalau tak mengenal narasumber luar biasa kali ini. Nah, untuk lebih mengenal Ibu Nur Dwi Yanti, sang narasumber, kita intip profilnya, yuk!


Setelah sobat hebat mengenal narasumber dan buku digital. Kita beranjak ke materi berikutnya, ya!

Fungsi dan tujuan buku digital
Setelah sobat hebat mengenal buku digital. Selanjutnya, kita beranjak ke fungsi dan tujuan buku digital.
Fungsi buku digital, yaitu:
1. Sebagai salah satu alternatif media belajar. 
2. Sebagai media informasi.
Adapun tujuan buku digital adalah,
1. Memberikan kesempatan kepada pembuat konten untuk berbagi informasi dengan mudah, dengan cara yang menarik dan interaktif.
2. Melindungi informasi yang disampaikan.
3. Mempermudah proses memahami materi ajar.

Efektifivitas buku digital 
Di zaman tekhnologi seperti sekarang, semua orang ingin melakukan segala sesuatu serba cepat, dan serba mudah hanya dengan sekali klik. Tentu saja semua orang merasa senang akan situasi sekarang, karena semua hal bisa dilakukan dengan praktis. Itu sebabnya buku digital semakin hari semakin banyak peminatnya. Selain dianggap lebih praktis, tentu saja dari segi segi fisik lebih efisien. Untuk lebih jelasnya, berikut pemaparan mengenai efektivitas buku digital, ya, sobat hebat!
1. Dapat diakses di mana saja dan kapan saja.
2. File ebook dapat disimpan di file memory.
3. Ramah lingkungan
4. Kostumisasi 

Jenis-jenis format buku digital
Bagi sobat hebat yang sering mengupload atau mendownload tutorial gratis dalam bentuk Ebook. Tentunya tidak asing dengan format PDF. Ya, karena memang PDF merupakan salah satu jenis format buku digital yang paling banyak dicari di dunia maya. Selain PDF, sebenarnya banyak format Ebook lainnya yang mungkin belum sobat hebat ketahui, pantengin terus, ya! 
1. EPUB – Electronic Publication.
Format terbuka didefinisikan oleh Forum Open digital book dari International Digital Publishing Forum (idpf). EPUB mengacu kepada standar XHTML dan XML. Ini adalah standar yang sedang berkembang. Spesifikasi untuk EPUB dapat ditemukan di situs web IDPF, Adobe, Barnes & Noble, dan Apple, masing-masing memiliki DRM mereka sendiri. Format tersebut tidak kompatibel antara satu dengan yang lainnya. Saat ini sudah ada versi terbaru yaitu ePub 3, tetapi belum digunakan secara luas.
2. MOBI – Format MobiPocket.
MobiPocket tersedia pada hampir semua PDA dan Smartphone. Aplikasi Mobipocket pada PC Windows dapat mengkonversi Chm, doc, Html, OCF, Pdf, Rtf, dan Txt file ke format ini.
3. PDB – Palm File Database.
Dapat menyertakan beberapa format buku digital yang berbeda, yang ditujukan untuk perangkat berbasiskan sistem operasi Palm. Pada umumnya digunakan untuk buku digital berformat PalmDOC.
4. PDF – Portable Document Format yang diciptakan oleh Adobe untuk digunakan dalam pertukaran dokumen. Format tersebut didukung oleh semua platform komputer dan perangkat Smartphone.
5. KF8 -Format Kindle Fire dari Amazon.
Hal ini pada dasarnya sama dengan prinsip ePub yang disusun dalam pembungkus Palm File Database (PDB) dengan Digital Right Management (DRM) milik Amazon.

Aplikasi pemformatan buku digital 
1. Sigil
Sigil adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk menyusun buku digital dengan format beragam. Saking bagusnya, aplikasi ini memiliki jumlah pengguna terbanyak di seluruh dunia.
2. Scribus
Rekomendasi aplikasi editor EPUB yang berbasis open source adalah Scribus. Aplikasi ini pun sudah bisa digunakan di berbagai OS komputer.
3. Aplikasi pengolah kata yaitu Libre Office atau MS Office.
4. Aplikasi pengolah gambar yaitu Ibispaint atau Adobe Photoshop.
5. Aplikasi audio editor yaitu Audacity/format factory.
6. Aplikasi video editor yaitu Avidemux/format factory.

Bagaimana sobat hebat, komplitkan materinya! Langsung aksi, yuk! Mulai menulis buku digital! Selamat mencoba, dan salam literasi!




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertemuan Pertama kelas XII TP 2023/2024

Pengumuman Kelulusan Peserta Didik SMA/SMK Provinsi Nusa Tenggara Barat

Berbagi Informasi Tentang Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin Pembelajaran